Kamis, 22 April 2010

Jaguar, Brand of UK

Jaguar Cars Ltd, yang lebih dikenal hanya sebagai Jaguar, adalah sebuah produsen mobil mewah asal Britain. Didirikan pada 1992 sebagai Swallow Sidecar Company oleh William Lyons yang berkantor pusat Coventry. Pada awalnya membuat motor sidecars sebelum beralih ke mobil penumpang.. Perusahaan ini dinamakan Jaguar Cars setelah Perang Dunia II karena konotasi yang kurang menguntungkan dari inisial SS. Setelah beberapa perubahan kepemilikan sejak tahun 1960-an, Jaguar tercatat di Bursa Efek London dan menjadi konstituen dari indeks FTSE 100 sampai ini diakuisisi oleh Ford pada tahun 1989. Jaguar juga memegang Royal Waran dari HM Ratu Elizabeth II dan HRH Pangeran Charles. Perusahaan ini sejak Maret 2008 dimiliki oleh perusahaan India Tata Motors Ltd. (sebelumnya dari tahun 1990 hingga 2008 Jaguar dimiliki Ford Motor Company) dan dioperasikan sebagai bagian dari Jaguar Land Rover bisnis. Jaguar dikenal dengan mobil saloon mewah dan olah raga, segmentasi pasar yang telah dimilikinya sejak 1930-an.

Saat ini, mobil Jaguar dirancang di pusat rekayasa Rover Tanah Jaguar di Whitley pabrik di Coventry dan di Gaydon di Warwickshire, dan diproduksi dalam dua rakitan Jaguar Land Rover; Castle Bromwich assembly plant di Birmingham dan Halewood Body & Assembly dekat Liverpool. Model pertama pasca perang tahun 1948, Mark V tersedia dalam mesin 2,5 atau mesin 3,5 liter dan memiliki penampilan lebih ramping daripada model-model pra-perang, tetapi yang lebih penting adalah perubahan untuk suspensi depan independen, dan rem hidrolik. Terobosan besar ini diluncurkan pada tahun 1948 dari XK120 mobil sport, yang dikombinasikan tubuh dasarnya shell yang disalin dari 1940 BMW 328 Coupe dengan XK kembar baru overhead camshaft (DOHC) 3.5 liter hemi-head, mesin enam silinder yang dirancang oleh William Heynes, Walter Hassan dan Claude Baily. Mesin ini telah dirancang selama malam-malam panjang selama perang ketika mereka akan berjaga-jaga di pabrik. Mobil itu awalnya dimaksudkan sebagai sebuah model produksi pendek sekitar 200 kendaraan sebagai tempat tidur uji untuk mesin baru sampai body mobil yang dimaksudkan, Mark baru VII saloon, sudah siap. Selain itu, Jaguar membuat model-model mobil lainnya dengan kelebihan masing-masing seperti XJ220 (produksi mobil tercepat di dunia), Jaguar XF, Jaguar XJ, dll.

Saya menyukai brand mobil Jaguar karena brand ini menyediakan mobil-mobil yang memiliki spesifikasi kegunaan secara khusus, misanya untuk sport yang memiliki kecepatan tinggi. Selain itu, kelebihan-kelebihan yang diberikan baik dari segi mesin maupun model dan fasilitas didalamnya juga sangat memuaskan dan sepadan dengan harganya yang selangit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar